All posts by admin

VISI DAN MISI PUSAT PENJAMINAN MUTU (P2M) STKIP MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG

VISI:

MENJADI PUSAT PENJAMINAN MUTU (P2M)  YANG MEMBANTU TERCIPTANYA SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN VISI STKIP MPL PADA TAHUN 2017.

 

MISI:

  1. Mengembangkan secara berkesinambungan pengetahuan sistem penjaminan mutu di seluruh tataran STKIP MPL
  2. Mengembangkan perangkat organisasi penjaminan mutu ditingkat program studi
  3. Mengembangkan dan meningkatkan standar-standar mutu di tataran STKIP MPL
  4. Menjamin keharmonisan perencanaan, pengimplementasian, monitoring dan evaluasi serta peningkatan standar mutu di tataran STKIP MPL

 

Tugas Pokok dan Fungsi:

a.    Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Mutu mencakup: 

  1. Membantu PPM dalam mengkaji dan merumuskan secara mendalam mengenai standar mutu sebagai pedoman penjaminan mutu institusi
  2. Membantu PPM dalam melakukan kegiatan dan/atau kajian tertentu yang diperlukan oleh PPM, dimana kegiatan/kajian tersebut memerlukan pengetahuan, pengalaman, atau kepakaran tertentu. Dapat mengusulkan bantuan staf ahli untuk memberikan masukan dan saran kepada Sistem Mutu agar penjaminan mutu institusi dapat berjalan dengan lancar dan baik.
  3. Merumuskan dan menyusun dokumen mutu institusi
  4. Menggali dan mendokumentasikan aspirasi komunitas  dalam rangka merumuskan usulan atau penyempurnaan standar mutu input, process, output, outcomes, benefit dan impact pada bidang tertentu
  5. Melaporkan secara berkala mengenai hasil dan dokumentasi yang telah dicapai kepada Kepala PPM
  6. Melaksanakan kegiatan dan kajian pada bidang tertentu yang diberikan oleh Kepala PPM.
  7. Memberi masukan atas dasar hasil kajian dan pengalamannya tentang berbagai upaya peningkatan kualitas penjaminan mutu yang berkelanjutan
  8. Melakukan kegiatan pendampingan dalam proses penyusunan dokumen mutu di unit-unit kerja yang ada di STKIP MPL

 

b.   Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Monitoring dan Evaluasi, yang mencakup kegiatan:

  1. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja institusi dan program studi serta memberikan umpan balik
  2. Merumuskan mekanisme monitoring dan evaluasi internal pada seluruh institusi: prodi, pengelola, dan institusi.
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi akademik secara berkala sebagaimana (1)
  4. Menganalisis keterkaitan program/aktivitas yang diusulkan dan dilaksanakan dengan upaya peningkatan mutu (penyelesaian permasalahan) berdasarkan evaluasi diri
  5. Memantau capaian indikator dan proses pencapaiannya.
  6. Mengevaluasi hasil pencapaian yang ada dan tindak lanjutnya.

c.    Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat PPM, yang mencakup kegiatan:

  1. Mengkoordinir urusan kesekretariatan dan kerumahtanggaan PPM agar dukungan operasional kegiatan berjalan lancar dan berkualitas
  2. Menyiapkan berbagai kegiatan kesekretariatan dan kerumahtanggaan di Kantor PPM
  3. Mengkoordinir dan memfasilitasi staf administrasi PPM guna mempersiapkan dukungan sumberdaya yang diperlukan untuk kegiatan PPM termasuk penyelenggaraan rapat pimpinan dan rapat organ kerja PPM
  4. Membantu pimpinan dalam pelaksanaan dan dokumentasi rapat pimpinan dan rapat organ kerja PPM serta mendesiminasikan draf notulensi sampai dengan diterbitkannya risalah rapat yang definitif
  5. Membantu pimpinan dalam menyusun rencana kerja tahunan serta melaksanakan implementasi administrasi kegiatan
  6. Mengingatkan pimpinan mengenai kesesuaian jadwal kegiatan dan realisasi, terutama jika terjadi keterlambatan

 

d. Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Akreditasi, mencakup kegiatan:

  1. Menjamin proses akreditasi seluruh komponen di STKIP MPL berjalan lancar dan dapat merumuskan peningkatannya
  2. Melakukan pendataan status (nilai/waktu) akreditasi dan izin penyelenggaraan program studi di STKIP MPL.
  3. Terus-menerus mengawasi dinamika akreditasi nasional maupun internasional dan merumuskannya pada perangkat sistem penjaminan mutu internal.
  4. Memberikan masukan kepada Bidang Mutu dalam pembuatan/modifikasi Dokumen Mutu.
  5. Memberikan masukan kepada Bidang Monevin tentang komponen-komponen yang akan dipantau dan dievaluasi.
  6. Merumuskan mekanisme kepuasan pelanggan terhadap layanan institusi
  7. Melakukan rekruitmen, pembekalan pendampingan akreditasi dan penjadwalan pendampingan.
  8. Melakukan kegiatan pendampingan dalam proses pelaksanaan akreditasi di STKIP MPL.
  9. Membantu program studi/institusi mampu mempersiapkan dokumen akreditasi dengan baik dan benar
  10. Menjamin seluruh program studi di STKIP MPL terakreditasi BAN-PT
  11. Meningkatkan status akreditasi program studi
  12. Meningkatkan status akreditasi institusi STKIP MPL